KISI-KISI UJI KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH

DIMENSI
KOMPETENSI
INDIKATOR
Supervisi Manajerial
Menguasai        metode,     teknik      dan                               prinsip-
prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
Menerapkan        prinsip-prinsip      supervisi                          manajerial           untuk
peningkatan mutu pendidikan di sekolah
Menerapkan metode supervisi manajerial
Menerapkan           teknik    supervisi                                  manajerial                   untuk
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
Menerapkan           teknik    supervisi                                  manajerial                   untuk
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
Menyusu n             program                             kepengawasan
berdasarkan      visi-misi-tujuan       dan                   program
pendidikan di sekolah
Menganalisis      kebutu han  program kepengawasan su pervisi
manajerial
Membagankan       program      kepengawasan                       supervisi
manajerial      berdasarkan    visi,         misi,    tujuan                    dan                       program
pendidikan di sekolah
Merancang       program kepengawasan      supervisi manajerial
berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di sekolah
Menyusun       metode       kerja    dan                 instrumen
yang diperlukan untuk       melaksanakan tugas
pokok dan fungsi pengawasan disekolah
Merancang metode kerja pengawasan yang efektif
Menerapkan     metode    kerja    dalam                               melaksanakan      tugas
pokok dan fungsi pengawasan
Menerapkan     metode    kerja    dalam                               melaksanakan      tugas
pokok dan fungsi pengawasan
Menyusun instrument kepengawasan
Mengu nakan i nsru men kepengawasan
Menyusun laporan hasil-hasil pengawas                                               dan
menindaklanjutinya         untuk                                            perbaikan
program pengawasan berikutnya di sekolah
Menganalisis hasil supervisi manajerial
Menyusun laporan hasil supervisi manajerial
menyusun program ti ndaklanjut hasil kepengawassan

DIMENSI
KOMPETENSI
INDIKATOR

Membina kepala sekolah dalam pengelolaan dan administrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah
Melaksanakan pembinaan dalam pengelolaan satuan pendidikan sesuai 8 SNP
Melaksanakan pembinaan             dalam penyusunan administrasi
sekolah
Membina kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling di sekolah
Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam menganalisis permasalahan layanan bimbingan konseling di sekolah
Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling
Mendorong guru dan kepala sekolah dalam
merefleksikan       hasil-   hasil    yang                         dicapainya
untuk        menemukan             kelebihan                            dan
kekurangan        dalam      melaksanakan                         tugas
pokoknya di sekolah
Meningkatkan      motivasi    guru       untuk melakukan                    refleksi
terhadap tugas pokoknya
Meningkatkan motivasi kepala sekolah dalam merefleksikan proses dan hasil-hasil pengelolaan dan administrasi sekolah
Memantau pelaksanaan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala sekolah
Menilai pencapaian    pelasanaan 8 Standar Nasional
Pendidikan di sekolah
Membuat rekomendasi hasil pemantauan untuk penyusunan program sekolah dalam upaya pemenuhan 8 SNP

DIMENSI
KOMPETENSI
INDIKATOR
Supervisi Akademik
Menyusun rencana pengawasan akademik (RPA)/ rencana pengawasan bimbingan konseling (RPBK)
Menegaskan jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan
Merumuskan tujuan supervisi akademik
Menganalisis kesesuaian antara komponen dan isi pada RPA/RPBK
Memahami konsep, prinsip, teori dasar,
karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
Melatih guru menggunakan konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi,
karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan
atau mata pelajaran
Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkem bangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
Melatih guru menggunakan konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan
perkembangan proses pembelajaran/
bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran berlandaskan
standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP.
Membimbing guru menganalisis SK dan KD
Mencerahkan guru merumuskan indikator pencapaian kompetensi
Membimbing guru dalam menentukan materi pelajaran.
Membimbing guru menentukan kegiatan pembelajaran.
Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran/ bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui tiap bidang
Membimbing guru dalam menentukan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa
Mencontohkan guru pelaksanaan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.

DIMENSI
KOMPETENSI
INDIKATOR

pengembangan atau mata pelajaran.

Membimbing guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran.
Membimbing guru memperkirakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.
Membimbing guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran
Mengarahkan guru dalam menyusun materi          pembelajaran
Mengarahkan guru dalam menyusun kegiatan pembelajaran
Membimbing guru menentukan sumber          belajar
Membimbing guru merancang         penilaian hasil belajar.
Membimbing guru dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran /bimbingan (di kelas, laboratorium, dan/ atau di lapangan) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Mencerahkan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah disusun pada RPP
Membimbing guru melaksanakan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Mengarahkan guru dalam mengatur fasilitas pembelajaran.
Membimbing guru mencontohkan media pembelajaran. yang paling tepat sesuai dengan karakteristik masing-masing KD
Membimbing guru menemukan media pembelajaran
Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Mengarahkan guru memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK) dalam pembelajaran
Menilai guru untuk memanfaatkan TIK dalam pelaksanaan proses pembelajaran.

DIMENSI
KOMPETENSI
INDIKATOR
Penelitian             dan
Pengembangan
Menguasai berbagai pendekatan, jenis, dan metode penelitian dalam pendidikan
Membandingkan karakteristik berbagai pendekatan dalam penelitian
Mengklasifi kasi berbagai jenis penelitian
Menentukan masalah kepengawasan yang penting diteliti baik untuk keperluan tugas pengawasan maupun untuk pengembangan karirnya sebagai pengawas
Melatih    kepala sekolah dalam             mengidentifikasi masalah
penelitian pendidikan
Merumuskan masalah penelitian pendidikan
Menyusu n     proposal  penelitian                pendidikan
baik    proposal    penelitian  kualitatif          maupun
penelitian kuantitatif
Mencerah kan tujuan penelitian
Menyusun landasan teori
Menentukan metodologi penelitian
Melaksanakan      penelitian   pendidikan                     untuk
pemecahan         masalah    pendidikan,                          dan
perumusan   kebijakan     pendidikan                  yang
bermanfaat   bagi   tugas  pokok                  tanggung
jawabnya
Memilih dan Mengembangkan instrumen penelitian
Mengumpulkan data
Mengolah   dan        menganalisis       data                hasil
penelitian    pendidikan     baik     data                    kualitatif
maupun data kuantitatif
Mentabulasi data hasil penelitian
Menganalisis data penelitian
Mengi nterpretasi kan data hasi l penelitian
Menulis karya tulis ilmiah (KTI) dalam bidang pendidikan dan atau bidang kepengawasan dan memanfaatkannya untuk perbaikan mutu pendidikan
Menyusun penulisan karya ilmiah (artikel) hasil penelitian
Menyusun     penulisan  karya  ilmiah  (artikel)                non          hasil
penelitian
Mempublikasikan karya tulis ilmiah untuk                                          perbaikan mutu
pendidi kan
Menyusun    pedoman/panduan       dan                 atau
buku/modul     yang      diperlukan                           untuk
melaksanakan tugas pengawasan di sekolah
Menyusun buku pedoman tugas kepengawasan

DIMENSI
KOMPETENSI
INDIKATOR


Menyusun buku pedoman kinerja kepengawasan
Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruan
Mencerahkan guru dalam mengidentifikasi masalah PTK
Menemukan topik/judul PTK
Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruan
Merumuskan masalah penelitian PTK
Mengarahkan alternatif tindakan dalam PTK
Mengarahkan guru dalam penyusunan kerangka teori yang berhubungan dengan topik penelitian
Mencerahkan guru tentang tahapan siklus dalam PTK

DIMENSI
KOMPETENSI
INDIKATOR
Evaluasi Pendidikan
Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
Menentukan kriteria ketuntasan minimal kompetensi dasar
Menentukan indikator keberhasilan pembelajaran
Membimbing guru dalam menentukan aspek-
aspek     yang        penting        dinilai                dalam
pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
Membimbing guru dalam membedakan aspek-aspek penting yang dinilai sesuai dengan karakteristik peserta didik
Membimbing     guru    dalam           mengkategorikan                        aspek-aspek
penilaian       yang     sesuai    dengan     tuntutan                   pencapaian
kompetensi dasar
Melatih guru dalam menentukan aspek-aspek penting yang dinilai dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran/ bidang pengembangan
Menilai kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan staf sekolah lainnya dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran
Menentukan aspek-aspek penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
Memilih perangkat penilaian yang tepat digunakan untuk menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
Menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya
Memantau           pelaksanaan pembelajaran/
bimbingan       dan       hasil     belajar     siswa                      serta
menganalisisnya     untuk      perbaikan                                 mutu
pembelajaran/bimbingan             tiap                                                 bidang
pengembangan atau mata pelajaran
Menentukan aspek-aspek pemantauan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran
Menyimpulkan      hasil     pemantauan        kinerja                           guru    dalam
pembelajaran
Menilai     tingkat     kesesuaian     antara              perencanaan                dengan
pelaksanaan pembelajaran
Membina guru dalam      memanfaatkan                                          hasil
penilaian untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
Melatih guru dalam menganalisis hasil penilaian
Mengarahkan      guru     dalam       memanfaatkan                         hasil     analisis
untuk menyusun program tindaklanjut

DIMENSI
KOMPETENSI
INDIKATOR

Mengolah     dan        menganalisis       data                  hasil
penilaian kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan staf sekolah
Menyeleksi data hasil penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
Menganalisis data  hasil    penilaian    kinerja  kepala sekolah,
guru, dan staf sekolah
Menyusun program tindak lanjut dalam rangka perbaikan kinerja yang bersangkutan

Komentar

Postingan Populer