INSTRUMEN SUPERMAN PELAKSANAAN KUR 2013



INSTRUMEN SUPERVISI BIDANG PENDIDIK DAN
TENAGA KEPENDIDIKAN (PTK)  SEKOLAH DASAR

    Nama Sekolah         : .............................                 Hari/tanggal     : ……………………
    Alamat                     : .............................                 Tahun Pel.       : ……………………
No
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
SKOR
KET
1
2
3
4
5
1
Jumlah guru terhadap rombongan belajar (Rb+4)






2
Tingkat kelayakan (kualifikasi) pendidikan guru S1 /D4






3
Kesesuaian bidang keahlian dengan mata pelajaran yang di ajarkan (100%)






4
Memiliki tenaga khusus perpustakaan






5
Kepala Sekolah Membuat  SK Pmbagian tugas Guru






6
Tingkat pendidikan kepala sekolah (S1)





D
7
Memiliki tenaga non pendidikan ( satpam,kebersihan )






8
Memiliki struktur Organisasi tenaga pendidik dan kependidikan






9
Memiliki dan memahami uraian tugas sesuai tupoksi






10
Jumlah guru memiliki sertifikat profesi ( sertifikasi ) 100%






11
Memiliki buku induk pegawai yang kerjakan sesuai







perkembangan data pegawai






12
Membuat DUK setiap tahun ( 2 tahun terakhir )






13
Memiliki arsip penilaian DP.3 2 tahun terakhir






14
Memiliki arsip penilaian kinerja pegawai beserta







Rekapitulasi setiap bulan






15
Memiliki buku catatan penilaian kinerja setiap personil kary.






16
Memiliki data statistik tenaga pendidik dan tendik






17
Mengarsipkan fail pegawai dan karyawan






18
Memiliki catatan penjagaan kenaikan pangkat pendidik







Dan tenaga kependidikan lainnnya






19
Memiliki daftar hadir pendidik dan tenaga kependidikan






20
Memiliki tenaga khusus penjaga sekolah






21
Memiliki rekapitulasi kehadiran pendidik dan tenaga







Kependidikan






22
Rata – rata kehadiran pendidik > 90 %






23
Rata – rata kehadiran tenaga kependidikan > 90 %






24
Memiliki tata tertib pendidik dan tenaga kependidikan






25
Kepala sekolah membuat surat penugasan terhadap tenaga







Honor ( pendidik dan tendik )







 SKOR PEROLEHAN








Skor Akhir                   =  Jml. skor  perolehan
                                             Skor Maks
Kesimpulan :  .................……………………………………………………………………….

Saran            : ...………………………………………………………………………………….
                       
Yang disupervisi                                                                 Lahat, …………2014
Kepala Sekolah                                                                   Pengawas


.................................                                                                        .............................
NIP:                                                                                     NIP:

INSTRUMEN SUPERVISI BIDANG SARANA DAN PRASARANA

Nama Sekolah          : .............................                 Hari/tanggal   : ……………………
Alamat                    : .............................                 Tahun Pel.     : ……………………
No
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
SKOR
KET
1
2
3
4
5
A
RUANG BELAJAR






1
Rasio kelas terhadap rombongan belajar 1:1






2
Rata-rata luas ruang belajar ( 7x8 )






3
Memiliki kartu invetaris ruangan ( KIR )






4
Penerangan ruang belajar memadahi






5
Sirkulasi udara diruang belajar memadahi






6
Jumlah membler ( meja ,kursi ) ruang kelas terhadap jumlah







siswa dan guru memadahi






7
Kondisi ruang kelas terawat/terpelihara dengan baik







SKOR PEROLEHAN






B
RUANG GURU






1
Memiliki ruang guru tersendiri






2
Luas ruang guru sesuai dengan tipe sekolah (56m2)






3
Kelengkapan fasilitas mebler memadahi sesuai kebutuhan






4
Kondisi ruang guru terpelihara /terawat dengan baik






5
Fasilitas  mebler ruang guru memadahai sesuai kebutuhan






6
Memiliki kartu inventaris ruangan (KIR)






7
Kondisi ruang guru terawat dengan baik







SKOR PEROLEHAN






C
RUANG KEPALA SEKOLAH






1
Memiliki ruang kepala sekolah tersendiri






2
Luas ruang kepala sekolah (21 m2)






3
Fasilitas mebler ruang kepala sekolah memadahi sesuai







dengan kebutuhan






4
Memiliki media pendingin ruangan (AC) / Kipas  Angin






5
Memiliki kartu inventaris ruangan ( KIR)






6
Kondisi ruang kepala sekolah terawat dengan baik







SKOR PENILAIAN






F
RUANG UKS






1
Memiliki ruang UKS tersendiri






2
Luas ruang UKS memenuhi estandar (21 m2)






3
Memiliki petugas khusus UKS






4
Memiliki struktur organisasi UKS






5
Memiliki program kerja UKS ( TRIAS UKS )






6
Fasilitas mebeler ( meja kursi petugas ,tempat tidur,







Lemari obat ,lemari alat UKS DLL )






7
Memiliki kartu inventaris RUANG (KIR)






8
Memiliki media ukur  berat badan , tinggi badan






9
Memiliki peserta dokter kecil






10
Kondisi ruang UKS terawa baik






11
Memiliki buku catatan hasil kegiatan UKS






12
Memiliki jadwal kegiatan UKS






13
Memiliki buku rujukan berobat ke puskesmas







SKOR PEROLEHAN






G
HALAMAN SEKOLAH






1
memiliki halaman sekolah yang memadahi (1600m2)






2
Memiliki lapangan olah raga yang memadai (2000m2)






3
Kondisi halaman sekolah dan lapangan olah raga dalam







keadaan baik







SKOR PEROLEHAN






H
KAMAR MANDI/WC






1
Memiliki sarana kamar kecil siswa dengan rombel 1 : 2






2
Memiliki kamar kecil untuk karyawan ,guru , dan kepala sekolah







Yang memadahi






3
Saranan penerangan dan lainnya cukup tersedia






4
Kondisi kamar mandi dalam keadaan terawat dengan baik






5
Fasilitas air bersih dan tersedia dengan baik







SKOR PEROLEHAN






I
RUANGAN PERIBADATAN






1
Memiliki ruang ibadah yang memadahi






2
Fasilitas peribatan lengkap sesuai dengan kebutuhan






3
Penerangan dan ventilasi udara cukup tersedia dengan baik






4
Meiliki jadwal kegiatan ibadah sesuai kebutuhan






5
Kondisi ruang peribatan terawat dengan baik







SKOR PEROLEHAN






J
UMUM






1
Secara umum kebersihan sarana dan prasaran sekolah







terpeliahara dengan baik. ( kebersihan ,keindahan,keserasian)






2
Setiap ruangan tersedia tempat sampah yang memadahi







Sesuai  dengan kebutuhan






3
Memiliki permendiknas Nomor 24 tahun 2007 tentang







Standar sarana dan prasarana







SKOR PEROLEHAN






H
PERPUSTAKAAN SEKOLAH






1
Memiliki Sarana Perpustakaan memadahi






2
Kelengkapan fasilitas mebler memadahi sesuai kebutuhan






3
Saranan penerangan dan lainnya cukup tersedia






4
Memiliki petugas Perpustakaan khusus






5
Memiliki kartu inventaris RUANG (KIR)







Skor Akhir                   =  Jml. skor  perolehan
                                             Skor Maks
Kesimpulan :  .................……………………………………………………………………….

Saran            : ...………………………………………………………………………………….
                       
Yang disupervisi                                                                 Lahat, …………2014
Kepala Sekolah                                                                   Pengawas


.................................                                                                        .............................
NIP:                                                                                     NIP:



INSTRUMEN SUPERVISI BIDANG TATA
PERSURATAN
1. Nama Sekolah : .............................                             Hari/tanggal :……………
2. Alamat               : .............................                          Tahun Pel.    : …………..
No
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
SKOR
KET
1
2
3
4
5
1
Memiliki agenda surat masuk dan keluar serta dikerjaKan sesuai dengan ketentuan






2
Memfailkan surat masuk dan keluar dengan baik






3
Membuat surat keputusan kepala sekolah dan difailkan dengan baik dan benar






4
Memiliki buku ekspidisi yang selalu digunakan secara rutin






5
Memiliki buku notulen rapat pembinaan personil






6
Memiliki buku tamu Dinas, Umum dan khusus






7
Memiliki daftar hadir guru dan karyawan






8
Memiliki buku piket guru dan karyawan






9
Memiliki agenda khusus surat keputusan kepala sekolah






10
Memiliki agenda khusus surat edaran kepala sekolah






11
Memfailkan khusus surat edaran






12
Memiliki buku catatan kasus dan penyelesaian







SKOR PEROLEHAN







Skor Akhir               =  Jlh skor  perolehan  =  ………………………………..
                                                  12
Kesimpulan :  .................……………………………………………………………………….
                            
Saran         :  .………………………………………………………………………………….
                     ..............………………………………………………………………………
                                                         
                                                                                       Lahat ………………....2014
  Mengetahui :                           
 Kepala Sekolah                                                                Pengawas Pembina



NIP : ……………………..                                                       NIP







INSTRUMEN SUPERVISI BIDANG PEMBIAYAAN/ PENDANAAN

1. Nama Sekolah     : .............................                 Hari/tanggal : ……………………
2. Alamat               : .............................                 Tahun Pel.    : ……………………
No
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
SKOR
KET
1
2
3
4
5
1
Menyusun rancangan anggaran pendapatan dan belanja







sekolah (RAPBS) setiap tahun pelajaran






2
Mendapat pengesahan RAPBS oleh jajaran terkait






3
Kesesuaian program kerja dengan RAPBS






4
Penyusunan RAPBS melibatkan berbagai pihak ( komite dan warga sekolah / stakeholder)






5
Sumber pendapatan sekolah ( pemerintah pusat ,daerah ,dan komite sekolah )






6
Memiliki jaringan penyandang dana selain dari pemerintah






7
Alokasi anggaran dalam APBS untuk pencapaian berbagai Bidang pekerjaan (standar Isi, Tenaga pendidik dan terdidik, proses,sarpas,dll) memadahi






8
Memiliki buku khusus untuk BOS






9
Memiliki bendahara yang mendapatkan legalitas dari Kepala sekolah / Diknas Kab/Kota






10
Memiliki buku petunjuk pengunaan dana BOS






11
Membuat Laporan pertanggungjawaban keuangan BOS setiap tri wulan berjalan






12
Menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada instansi terkait secara rutin






13
Memiliki program memberikan beasiswa bagi siswa yang Berprestasi






14
Memiliki program memberikan bantuan kepada siswa yang Tidak mampu ( baik breprestasi maupun tidak berprestasi )







SKOR PEROLEHAN








Skor Akhir               =  Jlh skor  perolehan x 20
                                              15
Kesimpulan :  .................……………………………………………………………………….
                            
Saran          ...………………………………………………………………………………….
                   ...............……………………………………………………………………….

                                                                                       Lahat ………………....2014
  Mengetahui :                           
 Kepala Sekolah                                                                Pengawas Pembina


.............................                                                             ........................
NIP : ……………………..                                                       NIP.......................

Komentar

Postingan Populer