PENELITIAN TIDAKAN SEKOLAH (PTS)












UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM  MENYUSUN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL MELALUI  BIMBINGAN  BERKELANJUTAN   DI SD NEGERI 9 LAHAT    TAHUN 2016


SANGKUT,S.P
NIP 196501211988041002

ABSTRAK

                 Sangkut,S.Pd. 2016. Penelitian ini melalui bimbingan berkelanjutan upaya meningkatkan kemampuan guru menyusun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dilatarbelakangi pada kenyataan bahwa sebahagian besar guru di SD Negeri  9 Lahat mengcopi KKM dari sekolah lain karena belum paham kriteri penyusunan KKM, dari sepuluh guru sasaran termotivasi untuk mendapat bimbingan penyusunan KKM. Peneliltian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan metode deskriptif, pelaksanaan dari tanggal 4 Januari sampai dengan 25 April 2016. Hasil Penelitian siklus pertama Perumusan KKM mata Pelajaran 70% , KKM Standar Kompetensi 60%, KKM Kompetensi Dasar 80%, dan KKM Indikator Pembelajaran baru mencapai 30 % kebenarannya, pada siklus kedua perumusan KKM mata pelajaran 100%, KKM Standar Kompetensi 80%, KKM Kompetensi Dasar 90% dan KKM Indikator Pembelajaran sudah 90% benar sesuai dengan rumus penetapan KKM, secara menyeluruh siklus pertama 60 % dan siklus kedua 90 % berarti Peningkatannya 30% dalam satu Siklus. Maka disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Sekolah melalui bimbingan berkelanjutan ada peningkatan cukup signifikan, dan dapat menjadi pedoman kita sebagai pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah binaan, setidaknya memberikan gamaran bagaiman seorang pengawas SD berusaha untuk meningkatkan kompetensi guuru sekolah binaannya.

Kata Kunci : Meningkatkan Kompetensi Guru, Melalui Bimbingan berkelanjutan



Komentar

Postingan Populer