EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS)
EVALUASI DIRI SEKOLAH
Evaluasi Diri Sekolah (EDS) adalah suatu proses evaluasi yang
bersifat internal dengan melibatkan pemangku kepentingan untuk
melihat kinerja sekolah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang
digunakan sebagai dasar penyusunan RKS dan RKAS dalam meningkatkan mutu
pendidikan di sekolah secara konsisten dan berkelanjutan, serta sebagai masukan
bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kab/kota.
2. Apa Tujuan Evaluasi Diri
Sekolah (EDS)?
(a) Menilai kinerja sekolah berdasarkan Standar
Nasional Pendidikan (SNP),
(b) Mengetahui tahapan pengembangan dalam pencapaian Standar
Nasional Pendidikan (SNP
sebagai dasar
peningkatan mutu pendidikan; dan
(c) Menyusun RKS/RKAS sesuai kebutuhan nyata dalam
rangka pemenuhan Standar
Pendidikan
(SNP).
3. Apa Manfaat Evaluasi Diri Sekolah (EDS)?
Manfaat Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
untuk tingkat sekolah, antara lain:
- Sekolah dapat mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangannya sendiri dan merencanakan pengembangan dan peningkatan ke depan.
- Sekolah dapat memiliki data dasar yang akurat sebagai dasar untuk pengembangan dan peningkatan di masa mendatang.
- Sekolah dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan, mengkaji peningkatan tersebut berjalan dengan baik dan menyesuaikan program sesuai dengan hasilnya.
- Sekolah dapat memberikan laporan formal kepada pemangku kepentingan demi meningkatkan akuntabilitas sekolah.
Sedangkan
manfaat Evaluasi Diri Sekolah (EDS) untuk tingkat lain dalam sistem,
diantaranya:
- Menyediakan data dan informasi yang penting untuk perencanaan, pembuatan keputusan, dan perencanaan anggaran pendidikan pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.
- Mengidentifikasikan bidang prioritas untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan.
- Mengidentifikasikan jenis dukungan yang dibutuhkan terhadap sekolah.
- Mengidentifikasikan pelatihan serta kebutuhan program pengembangan lainnya.
- Mengidentifikasikan keberhasilan sekolah berdasarkan berbagai indikator pencapaian sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal dan Standar Nasional Pendidikan.
4. Apa lingkup Evaluasi Diri Sekolah
(EDS)?
Lingkup Evaluasi Diri
Sekolah (EDS) menjawab 3 pertanyaan utama :
(1) Seberapa baik kinerja sekolah kita?;
(2)
Bagaimana kita mengetahuinya?; dan
(3)
Bagaimana kita memperbaikinya?
5. Siapa yang Melaksanakan
Evaluasi Diri Sekolah (EDS)?
Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dilaksanakan oleh Tim
Pengembang Sekolah (TPS) yang terdiri atas: (1) Kepala Sekolah; (2) Wakil
unsur guru; (3) Wakil Komite Sekolah; (4) Wakil orang tua siswa dan (4)
Pengawas – sebagai fasilitator/pembimbing/verifikator
6. Instrumen apa yang digunakan
dalam Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS) terdiri dari 8
(delapan) Standar sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Setiap
Standar terdiri atas beberapa komponen. Setiap Komponen terdiri dari beberapa
Indikator. Setiap komponen terdiri dari beberapa sub komponen. Setiap
Indikator memberikan gambaran lebih rinci dari informasi kinerja
sekolah. Berikut ini disajikan tautan untuk mendownload contoh instrumen
Evaluasi Diri Sekolah Tahun 2012:
Komentar
Posting Komentar