KISI-KISI UJI KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Supervisi Manajerial
|
Menguasai metode, teknik dan prinsip-
prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
|
Menerapkan prinsip-prinsip supervisi manajerial untuk
peningkatan mutu pendidikan di sekolah
|
Menerapkan metode supervisi manajerial
|
||
Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
|
||
Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
|
||
Menyusu n program kepengawasan
berdasarkan visi-misi-tujuan dan program
pendidikan di sekolah |
Menganalisis kebutu han program kepengawasan su pervisi
manajerial
|
|
Membagankan program kepengawasan supervisi
manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program
pendidikan di sekolah |
||
Merancang program
kepengawasan supervisi manajerial
berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di sekolah
|
||
Menyusun metode kerja dan instrumen
yang diperlukan untuk melaksanakan
tugas
pokok dan fungsi pengawasan disekolah |
Merancang metode kerja pengawasan yang efektif
|
|
Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas
pokok dan fungsi pengawasan
|
||
Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas
pokok dan fungsi pengawasan
|
||
Menyusun
instrument kepengawasan
|
||
Mengu nakan i nsru men kepengawasan
|
||
Menyusun laporan hasil-hasil pengawas dan
menindaklanjutinya untuk perbaikan
program pengawasan berikutnya di sekolah |
Menganalisis hasil supervisi manajerial
|
|
Menyusun laporan hasil supervisi manajerial
|
||
menyusun program ti ndaklanjut hasil kepengawassan
|
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
Membina kepala sekolah dalam pengelolaan dan administrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah
|
Melaksanakan pembinaan dalam pengelolaan satuan pendidikan sesuai 8 SNP
|
Melaksanakan pembinaan dalam penyusunan administrasi
sekolah
|
||
Membina kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan
konseling di sekolah
|
Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam
menganalisis permasalahan
layanan bimbingan konseling di sekolah
|
|
Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam
melaksanakan bimbingan
konseling
|
||
Mendorong guru dan kepala
sekolah dalam
merefleksikan hasil- hasil yang dicapainya
untuk menemukan kelebihan dan
kekurangan dalam melaksanakan tugas
pokoknya di sekolah |
Meningkatkan motivasi guru untuk melakukan refleksi
terhadap tugas pokoknya
|
|
Meningkatkan motivasi kepala sekolah dalam
merefleksikan proses dan
hasil-hasil pengelolaan dan administrasi sekolah
|
||
Memantau pelaksanaan standar nasional pendidikan dan
memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala sekolah
|
Menilai pencapaian pelasanaan 8 Standar Nasional
Pendidikan
di sekolah
|
|
Membuat rekomendasi hasil pemantauan untuk
penyusunan program
sekolah dalam upaya pemenuhan 8 SNP
|
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Supervisi Akademik
|
Menyusun
rencana pengawasan akademik (RPA)/
rencana pengawasan bimbingan
konseling (RPBK)
|
Menegaskan jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan
|
Merumuskan tujuan supervisi akademik
|
||
Menganalisis kesesuaian antara komponen dan isi pada RPA/RPBK
|
||
Memahami konsep, prinsip, teori dasar,
karakteristik, dan kecenderungan perkembangan
tiap bidang pengembangan atau mata
pelajaran.
|
Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik,
dan kecenderungan perkembangan tiap
bidang pengembangan atau mata pelajaran
|
|
Melatih guru menggunakan konsep,
prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap
bidang pengembangan atau mata
pelajaran
|
||
Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi,
karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan
atau mata pelajaran
|
Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkem bangan
proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran
|
|
Melatih guru menggunakan konsep,
prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan
perkembangan proses pembelajaran/
bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
|
||
Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran berlandaskan
standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP.
|
Membimbing guru menganalisis SK dan KD
|
|
Mencerahkan guru merumuskan indikator pencapaian kompetensi
|
||
Membimbing guru dalam menentukan materi pelajaran.
|
||
Membimbing guru menentukan kegiatan pembelajaran.
|
||
Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran/ bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui
tiap bidang
|
Membimbing guru dalam menentukan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai
potensi siswa
|
|
Mencontohkan guru pelaksanaan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.
|
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
pengembangan atau mata pelajaran.
|
|
Membimbing
guru dalam menyusun rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran.
|
Membimbing guru memperkirakan strategi/ metode/
teknik pembelajaran
yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.
|
|
Membimbing guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran
|
||
Mengarahkan guru dalam
menyusun materi pembelajaran
|
||
Mengarahkan guru dalam menyusun kegiatan
pembelajaran
|
||
Membimbing guru menentukan
sumber belajar
|
||
Membimbing guru merancang penilaian hasil belajar.
|
||
Membimbing guru dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran /bimbingan (di kelas,
laboratorium, dan/ atau di lapangan) untuk tiap bidang pengembangan atau
mata pelajaran.
|
Mencerahkan guru dalam pelaksanaan kegiatan
pembelajaran yang telah disusun pada RPP
|
|
Membimbing guru melaksanakan penugasan terstruktur
dan kegiatan mandiri
tidak terstruktur
|
||
Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
|
Mengarahkan guru dalam mengatur fasilitas
pembelajaran.
|
|
Membimbing guru mencontohkan media pembelajaran.
yang paling tepat sesuai
dengan karakteristik masing-masing KD
|
||
Membimbing guru menemukan media pembelajaran
|
||
Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
|
Mengarahkan guru memanfaatkan teknologi informasi
komunikasi (TIK) dalam
pembelajaran
|
|
Menilai guru untuk memanfaatkan TIK dalam
pelaksanaan proses pembelajaran.
|
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Penelitian dan
Pengembangan
|
Menguasai berbagai pendekatan, jenis, dan metode penelitian dalam pendidikan
|
Membandingkan
karakteristik berbagai pendekatan dalam penelitian
|
Mengklasifi
kasi berbagai jenis penelitian
|
||
Menentukan
masalah kepengawasan yang penting diteliti baik untuk keperluan tugas pengawasan maupun untuk pengembangan karirnya
sebagai pengawas
|
Melatih kepala sekolah dalam mengidentifikasi
masalah
penelitian pendidikan
|
|
Merumuskan masalah penelitian
pendidikan
|
||
Menyusu n proposal penelitian pendidikan
baik proposal penelitian kualitatif maupun
penelitian kuantitatif |
Mencerah kan
tujuan penelitian
|
|
Menyusun landasan teori
|
||
Menentukan metodologi penelitian
|
||
Melaksanakan penelitian pendidikan untuk
pemecahan masalah pendidikan, dan
perumusan kebijakan pendidikan yang
bermanfaat bagi tugas pokok tanggung
jawabnya |
Memilih dan
Mengembangkan instrumen penelitian
|
|
Mengumpulkan data
|
||
Mengolah dan menganalisis data hasil
penelitian pendidikan baik data kualitatif
maupun data kuantitatif |
Mentabulasi data hasil penelitian
|
|
Menganalisis data penelitian
|
||
Mengi
nterpretasi kan data hasi l penelitian
|
||
Menulis karya tulis ilmiah (KTI) dalam bidang pendidikan dan atau bidang kepengawasan dan memanfaatkannya untuk perbaikan mutu pendidikan
|
Menyusun penulisan karya ilmiah
(artikel) hasil penelitian
|
|
Menyusun penulisan karya ilmiah (artikel) non hasil
penelitian
|
||
Mempublikasikan
karya tulis ilmiah untuk perbaikan
mutu
pendidi kan
|
||
Menyusun pedoman/panduan dan atau
buku/modul yang diperlukan untuk
melaksanakan tugas pengawasan di sekolah |
Menyusun buku pedoman tugas
kepengawasan
|
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Menyusun buku pedoman kinerja kepengawasan
|
Memberikan
bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di
sekolah menengah
kejuruan
|
Mencerahkan guru dalam mengidentifikasi masalah PTK
|
|
Menemukan topik/judul PTK
|
||
Memberikan
bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di
sekolah menengah
kejuruan
|
Merumuskan masalah penelitian PTK
|
|
Mengarahkan alternatif tindakan dalam PTK
|
||
Mengarahkan guru dalam penyusunan kerangka teori
yang berhubungan
dengan topik penelitian
|
||
Mencerahkan guru tentang tahapan siklus dalam PTK
|
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Evaluasi Pendidikan
|
Menyusun kriteria dan indikator
keberhasilan pendidikan dan
pembelajaran/bimbingan tiap mata
pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
|
Menentukan kriteria ketuntasan minimal kompetensi dasar
|
Menentukan indikator keberhasilan pembelajaran
|
||
Membimbing guru dalam menentukan aspek-
aspek yang penting dinilai dalam
pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
|
Membimbing guru dalam membedakan aspek-aspek penting yang dinilai sesuai dengan karakteristik peserta
didik
|
|
Membimbing guru dalam mengkategorikan aspek-aspek
penilaian yang sesuai dengan tuntutan pencapaian
kompetensi dasar |
||
Melatih guru dalam menentukan
aspek-aspek penting yang dinilai
dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran/ bidang pengembangan
|
||
Menilai kinerja kepala sekolah,
kinerja guru dan staf sekolah lainnya dalam
melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya
untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran
|
Menentukan aspek-aspek penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
|
|
Memilih perangkat penilaian yang tepat digunakan untuk menilai kinerja
kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
|
||
Menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya
|
||
Memantau pelaksanaan pembelajaran/
bimbingan dan hasil belajar siswa serta
menganalisisnya untuk perbaikan mutu
pembelajaran/bimbingan tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran |
Menentukan aspek-aspek pemantauan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran
|
|
Menyimpulkan hasil pemantauan kinerja guru dalam
pembelajaran
|
||
Menilai tingkat kesesuaian antara perencanaan dengan
pelaksanaan pembelajaran
|
||
Membina
guru dalam memanfaatkan hasil
penilaian untuk kepentingan
pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
|
Melatih guru dalam menganalisis hasil penilaian
|
|
Mengarahkan guru dalam memanfaatkan hasil analisis
untuk menyusun program tindaklanjut
|
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
Mengolah dan menganalisis data hasil
penilaian kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan staf sekolah
|
Menyeleksi data hasil penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
|
Menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala sekolah,
guru,
dan staf sekolah
|
||
Menyusun program
tindak lanjut dalam rangka perbaikan kinerja yang bersangkutan
|
Komentar
Posting Komentar