RPP Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KELAS 4 (EMPAT) sekolah dasar
Kurikulum 2013
Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : Sekolah Dasar
Kelas / Semester : 4 /1
Tema 1 : Indahnya
Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman
Budaya Bangsaku
Pembelajaranke : 1
Alokasiwaktu :
1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerimadanmenjalankanajaran
agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman
di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku
bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara
adat), social ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar.
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan Masyarakat.
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Seni
Budaya dan Prakarya
3.3 Membedakan
panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5 Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
Bahasa
Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
C.
INDIKATOR
PPKn
1.
Menjelaskan keberagaman yang ada di
Indonesia dalam bentuk tulisan.
2. Menjelaskan
ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
3. Menuliskan
contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.
IPS
1.
Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan
untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.
Seni
Budaya dan Prakarya
1.
Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “
dengan tinggi rendah nada yang sesuai.
Bahasa
Indonesia
1.
Mengolah informasi dari teks
“Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.
D.
TUJUAN
1.
Setelah mengamati gambar dan diskusi
kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk
tulisan dengan benar.
2.
Setelah membaca teks “Mengenal Suku
Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
3.
Setelah mencari informasi keragaman
teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus
ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
4.
Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa
mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak
Indonesia dengan benar.
5.
Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa
mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.
E.
MATERI
1.
Peta budaya (ada di buku siswa), teks
lagu “Aku Anak Indonesia”, perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan
alat musik tradisional.
2.
Teks “Mengenal Suku Minang”.
3.
Ciri khas daerah dapat dilihat dari
berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan
lain-lain).
F.
PENDEKATAN &
METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Hafalan
Matrik Perkalian 1-9.
-
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
-
Pembacaan
Teks Pancasila.
-
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
-
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
-
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang
relevan.
-
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
-
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
-
Siswa
mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan
alat music tradisional.
-
Siswa
menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
-
Guru
berkeliling untuk mengetahui apakah ada siswa yang mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan tugas.
-
Siswa
mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu kelompok terdiri atas 5
siswa).
-
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
-
Siswa
membaca teks “Mengenal Suku Minang”.
-
Siswa
mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya dan menuliskannya dalam
bentuk peta pikiran.
-
Siswa
berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya. Guru dan siswa mendiskusikan
hasil jawaban tersebut di depan kelas.
-
Setelah
membuat peta pikiran dan mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab
pertanyaan yang ada pada buku siswa.
Untuk menggiring siswa pada pelajaran selanjutnya, guru
secara klasikal mengajukan pertanyaan berikut:
−− Dari manakah asal daerah kalian?
−− Apakah ciri khas daerah asalmu?
Siswa mencari asal-usul daerah teman-temannya di kelas
melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah
masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan,
pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
|
150 menit
|
|
||
|
||
|
||
Penutup
|
-
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari
ini.
-
Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan
yang mereka alami,serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
-
Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak
siswa membacakan jawaban mereka.
-
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan
informasi dari siswa lainnya.
-
Guru
menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai keberagaman budaya
bangsa.
-
Siswa
mencari informasi lain tentang keberagaman budaya Indonesia.
-
Siswa
dapat bertanya kepada orang tua atau orang di sekitar, menonton televisi,
atau membaca buku.
-
Hafalan
Matrik Perkalian 1-9.
-
Salam dan do’a penutup.
Pengayaan
Siswa dapat mencari tambahan informasi tentang keberagaman
di Indonesia melaluiinternet, koran, narasumber, atau majalah.
Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang masih
memiliki kesulitan dalam memahami
peta pikiran. Kegiatan ini dapat dilakukan secara kelompok
atau individu selama 30 menit.
|
15 menit
|
|
Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.
1. Beri siswa peta pikiran kosong.
2. Mintalah siswa menuliskan topik
yang akan dibahas di lingkaran tengah.
3. Bimbing siswa untuk membahas
subtopik di setiap lingkaran dengan mengajukan pertanyaan pengarah.
|
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
·
Dirianak, Lingkungankeluarga,
danLingkungansekolah.
·
BukuPedoman Guru Tema 1Kelas
4danBukuSiswaTema 1Kelas 4 (BukuTematikTerpaduKurikulum 2013,Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan, 2013).
·
BukuPengembanganDiriAnak.
·
SumberMotivasi/InspirasiHidup:
http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·
Video/slide/gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa
Indonesia.
H.
PENILAIAN
- ProsedurPenilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format
pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai
dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar
dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan ganda.
· Isian singkat.
· Esai atau uraian.
Mengetahui Lahat,
14 Juli 2014
Kepala Sekolah, Guru
Kelas 4
……………………………… Sangkut
NIP.
………………………… NIP.196501211988041002
Komentar
Posting Komentar