PENELITIAN TIDAKAN SEKOLAH (PTS)
UPAYA
MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM
MENYUSUN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL MELALUI BIMBINGAN
BERKELANJUTAN DI SD NEGERI 9
LAHAT TAHUN 2016
SANGKUT,S.P
NIP 196501211988041002
ABSTRAK
Sangkut,S.Pd.
2016. Penelitian ini melalui bimbingan berkelanjutan upaya meningkatkan
kemampuan guru menyusun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dilatarbelakangi
pada kenyataan bahwa sebahagian besar guru di SD Negeri 9 Lahat mengcopi KKM dari sekolah lain karena
belum paham kriteri penyusunan KKM, dari sepuluh guru sasaran termotivasi untuk
mendapat bimbingan penyusunan KKM. Peneliltian Tindakan Sekolah (PTS) ini
dilaksanakan dalam dua siklus dengan metode deskriptif,
pelaksanaan dari tanggal 4 Januari sampai dengan 25 April 2016. Hasil
Penelitian siklus pertama Perumusan KKM mata Pelajaran 70% , KKM Standar
Kompetensi 60%, KKM Kompetensi Dasar 80%, dan KKM Indikator Pembelajaran baru
mencapai 30 % kebenarannya, pada siklus kedua perumusan KKM mata pelajaran
100%, KKM Standar Kompetensi 80%, KKM Kompetensi Dasar 90% dan KKM Indikator
Pembelajaran sudah 90% benar sesuai dengan rumus penetapan KKM, secara
menyeluruh siklus pertama 60 % dan siklus kedua 90 % berarti Peningkatannya 30%
dalam satu Siklus. Maka disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Sekolah melalui
bimbingan berkelanjutan ada peningkatan cukup signifikan, dan dapat menjadi
pedoman kita sebagai pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah binaan,
setidaknya memberikan gamaran bagaiman seorang pengawas SD berusaha untuk
meningkatkan kompetensi guuru sekolah binaannya.
Kata Kunci : Meningkatkan Kompetensi Guru, Melalui
Bimbingan berkelanjutan
Komentar
Posting Komentar