INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK PEMBELAJARAAN KURIKULUM 2013



INSTRUMEN/LEMBAR OBSERVASI UNTUK  KEGIATAN SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

1. NamaGuru               :..............................................
2. Nama Sekolah                    :..............................................
3. Kelas                         :..............................................
4. Tema /Sub Tema      :..............................................
ASPEK YANG DIAMATI
Ya
Tidak
Catatan
Kegiatan Pendahuluan

Melakukan Apersepsi dan Motivasi
A
Menyiapkan Fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan Pembelajaran


Dipertahankan
B
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik dalam pelajaran atau dengan tema sebelumnya



C
Mengajukan pertanyaan yang ada kaitannya
dengan tema yang akan diberikan



D
Mengajak peserta didik berdinamika/ melakukan sesuatu kegiatan yang terkait dengan materi, dan Menyampaikan Tujuan Pembelajaran



          Kegiatan Inti

Guru menguasai materi yang diajarkan
a
Kemampuan menyesuaikan materi dengan
tujuan pembelajaran



b
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevan dengan perkembangan Iptek dan kehidupan nyata.



c
Menyajikan materi dalam tema secara sistematis dan gradual (dari yang mudah kesulit, dari konkrit ke abstrak)




Guru menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik
a
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan cicapai



b
Melaksanakan pembelajaran secara runtut



c
Menguasai kelas dengan baik



d
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual



e
Melaksanakan Pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif



f
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Alokasi waktu yang direncanakan.




ASPEK YANG DIAMATI
Ya
Tidak
Catatan


Guru melaksanakan Pendekatan saintifik
a
Menyajikan topic atau materi yang mendorong peserta didik melakukan kegiatan mengamati/ observasi.



b
Memancing peserta didik bertanya



c
Menyajikan kegiatan mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi/data



d
Menyajikan kegiatan mendorong peserta didik untuk mengasosiasikan/ mengolah informasi.



e
Menyajikan kegiatan yang mendorong peserta didik untuk terampil mengkomunikasikan hasil secara lisan maupun tertulis.




Guru melaksanakan Penilaian autintik
a
Mengamati sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti pembelajaran



b
Melakukan penilaian ketrampilan peserta didik dalam melakukan aktifitas Individu/kelompok.



c
Mendokumentasikan hasil pengamatan sikap, perilaku dan ketrampilan peserta didik




Guru memanfaatkan sumber belajar/ media dalam pembelajaran
a
Menunjukan ketrampilan dalam pemanfaatan sumber belajar



b
Menunjukan ketrampilan dalam penggunaan media pembelajaran



c
Menghasilkan pesan yang baik.



d
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar



e
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran




Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran
a
Menumbuhkan partisifasi aktif peserta didik melalui interaksi



b
Merespon positif partisipasi peserta didik



c
Menunjukan sikap terbuka terhadap respon peserta didik



d
Menujnjukan hubungan antara pribadi yang kondusif



e
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam belajar





ASPEK YANG DIAMATI
Ya
Tidak
Catatan


Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
a
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar



b
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar



c
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai




Kegiatan Penutup

Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif



a
Melakukan refleksi atau membuat  rangkuman dengan melibatkan peserta didik



b
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan lanjutan, atau tugas.




Rumus Penilaian Jumlah  yang muncul (Ya) dibagi jumlah Komponen (36) x 100.
  Nilai   86-100             : SB
                        71-85               : B
                        55-70               : C
                        < 55                 : Kurang
 
Kesimpulan............................................................................................................
...............................................................................................................................
Refleksi..................................................................................................................
..............................................................................................................................
Rekomendasi.........................................................................................................    
              
Mengetahui                                                                                   .................... 2014
Kepala Sekolah                                                                               Pengawas Pembina

.........................                                                                               ............................

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer