INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK PEMBELAJARAAN KURIKULUM 2013
INSTRUMEN/LEMBAR OBSERVASI UNTUK
KEGIATAN SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
1. NamaGuru :..............................................
2. Nama Sekolah :..............................................
3. Kelas :..............................................
4.
Tema /Sub Tema :..............................................
ASPEK YANG DIAMATI
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
||||
Melakukan
Apersepsi dan Motivasi
|
||||
A
|
Menyiapkan
Fisik dan psikis peserta didik
dalam
mengawali kegiatan Pembelajaran
|
Dipertahankan
|
||
B
|
Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik dalam pelajaran
atau dengan tema sebelumnya
|
|||
C
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada kaitannya
dengan
tema yang akan diberikan
|
|||
D
|
Mengajak
peserta didik berdinamika/ melakukan sesuatu kegiatan yang terkait dengan
materi, dan Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
|
|||
Kegiatan Inti
|
||||
Guru
menguasai materi yang diajarkan
|
||||
a
|
Kemampuan
menyesuaikan materi dengan
tujuan
pembelajaran
|
|||
b
|
Kemampuan
mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevan
dengan perkembangan Iptek dan kehidupan nyata.
|
|||
c
|
Menyajikan
materi dalam tema secara sistematis dan gradual (dari yang mudah kesulit,
dari konkrit ke abstrak)
|
|||
Guru
menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik
|
||||
a
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan cicapai
|
|||
b
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
|||
c
|
Menguasai
kelas dengan baik
|
|||
d
|
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
|||
e
|
Melaksanakan
Pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
|
|||
f
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan Alokasi waktu yang direncanakan.
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Guru melaksanakan Pendekatan saintifik
|
||||
a
|
Menyajikan
topic atau materi yang mendorong peserta didik melakukan kegiatan mengamati/
observasi.
|
|||
b
|
Memancing
peserta didik bertanya
|
|||
c
|
Menyajikan
kegiatan mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi/data
|
|||
d
|
Menyajikan
kegiatan mendorong peserta didik untuk mengasosiasikan/ mengolah informasi.
|
|||
e
|
Menyajikan
kegiatan yang mendorong peserta didik untuk terampil mengkomunikasikan hasil
secara lisan maupun tertulis.
|
|||
Guru
melaksanakan Penilaian autintik
|
||||
a
|
Mengamati
sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti pembelajaran
|
|||
b
|
Melakukan
penilaian ketrampilan peserta didik dalam melakukan aktifitas
Individu/kelompok.
|
|||
c
|
Mendokumentasikan
hasil pengamatan sikap, perilaku dan ketrampilan peserta didik
|
|||
Guru
memanfaatkan sumber belajar/ media dalam pembelajaran
|
||||
a
|
Menunjukan
ketrampilan dalam pemanfaatan sumber belajar
|
|||
b
|
Menunjukan
ketrampilan dalam penggunaan media pembelajaran
|
|||
c
|
Menghasilkan
pesan yang baik.
|
|||
d
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar
|
|||
e
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran
|
|||
Guru
memicu dan/atau memelihara keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran
|
||||
a
|
Menumbuhkan
partisifasi aktif peserta didik melalui interaksi
|
|||
b
|
Merespon
positif partisipasi peserta didik
|
|||
c
|
Menunjukan
sikap terbuka terhadap respon peserta didik
|
|||
d
|
Menujnjukan
hubungan antara pribadi yang kondusif
|
|||
e
|
Menumbuhkan
keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam belajar
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Guru
menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
||||
a
|
Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
|||
b
|
Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar
|
|||
c
|
Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai
|
|||
Kegiatan
Penutup
|
||||
Guru
mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
||||
a
|
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan
melibatkan peserta didik
|
|||
b
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan lanjutan, atau tugas.
|
Rumus Penilaian Jumlah yang muncul (Ya) dibagi jumlah Komponen (36)
x 100.
Nilai 86-100
: SB
71-85 : B
55-70 : C
< 55 : Kurang
Kesimpulan............................................................................................................
...............................................................................................................................
Refleksi..................................................................................................................
..............................................................................................................................
Rekomendasi.........................................................................................................
Mengetahui
.................... 2014
Kepala
Sekolah
Pengawas Pembina
.........................
............................
versi wordnya donk, biar bsa copas :D
BalasHapusMohon ijin untuk download. Sangat bermanfaat bagi saya. Trmksh.
BalasHapusterimakasih atas postingnya
BalasHapusterimakasih atas postingnya
BalasHapus