DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. 2001.
Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta:
Depdikbud.
________.2001b.
Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
DePorter, Bobbi. 2002. Quantum
Teaching. Boston: Allyn Bacon.
Suryosubroto. 1997. Proses
Belajar-Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyanto. 2000. Refleksi dan
Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta:
Adicita.
Usman, Moh Uzer. 2000. Menjadi
Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
William, LV. 1983. Teaching for
The Two Sided. Englewood Cliffs New Jersey: Prentice Hall.
Yusak, Muchlas.
2003. Wawasan Kependidikan, Empat Pilar Pendidikan. Semarang: Lembaga
Penjamin Mutu Pendidikan.
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta.
Jakarta: Rineka Cipta.
Adam Smith.dkk. http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi#Prinsip_Ekonomi
.diakses tanggal 20 Juni 2012.
Djazuli, Ahmad, dkk. 2000. Quantuum
Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Depdikbud. 2002. Model-Model
Pembelajaran Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan
Nasional. Jakarta. PGSM.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI
Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Dianawati, Ajen. 2005.
Mengenal Alam dan Budaya Indonesia. Jakarta: Wahyu Media.
Dimyati & Mudjiono, 2006. Belajar
dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Eggen dan Kauchak (Sunaryo). 2006. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasbolah, Kasiani. 1999. Penelitian
Tindakan Kelas. Depdikbud: Jakarta.
Nasution, S. 2008. Berbagai
Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
De Porter dan Hernacki. 2001. Model
Quantum Learning. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.
DePorter, Bobbi. 2002. Quantum
Teaching. Boston: Allyn Bacon.
Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum
Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Sudjana, N. 1997. Dasar-dasar
Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suhadjano. 2006. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sujono. 2004. Pembelajaran
Quantum Learning. Bandung: Aglesindo.
Suryabroto. 1997. Hakekat Inovasi
Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.
Usman, Moh Uzer. 2000. Menjadi
Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DAFTAR
PUSTAKA
Abdurrahman, M. 1999. Pendidikan
Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI
Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi.
Fraenkel, Jack R. 1980. Helping
students think value strategies for teaching social studies. New Jersey:
Prentice-Hall.
Gofur, Abdul. 1993. Desain
Instruksional Suatu Langkah Sistematis Penyusunan Pola Dasar Kegiatan Belajar
dan Mengajar Solo: Tiga Serangkai.
http://ilhoe.wordpress.com/materi/.
Pengertian diskusi menurut Achsin. diakses tanggal 12 Juni 2012.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005.
Jakarta: Depdiknas.
Kososih Etin Solihatin. 2007. Cooperative
Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemmis dan Teggart. 1988. The
Action Research Planner. Deakin Univercity
Kenworthy, Leonard S.1981. Social
studies for the eighties. Canada: John Wiley & Sons.
Mariana, Andi. 2004. Pengaruh
Diskusi Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Skripsi.
Makassar; Universitas Negeri Makassar.
Martorella, P.H. 1994. Social
studies for elementary school children, developing
young citizen. New York: Merill.
Passe Jeff. 1999. Elementary
School Curriculum. Jakarta. USA; Mc-GraHill.
Romlah, Tatiek. 1989. Teori dan
Praktek Bimbing Kelompok. Jakarta: P2LPTK.
Sudjana, dkk. 1989. Pedoman
Praktek Mengajar. Bandung; Depdikbud.
Samana, A. 1992. Sistem
Pengajaran. Jakarta; Kanisius.
Syafei, Iman, Dkk. 1998. Pendekatan
Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Wiyanto, Asrul. 2000. Seni
Terampil Diskusi. Jakarta: Grafindo.
DAFTAR
PUSTAKA
Abdul Haling. 2006. Belajar dan
Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Anonim. 2006. Pembelajaran.
Artikel Ilmu Pendidikan, (Online), (http://learning-with-me.blogspot.com,
diakses 03 Mei 2008).
Anonim. 2008. Model Pembelajaran
Inovatif. Artikel Ilmu Pendidikan, (Online), (http://smp.kps.sch.id,
diakses 9 April 2008)
Arnidah, dkk.
2005. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Diklat Matematika untuk Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Devision) Siswa di
SMKN 1 Makassar. Jurnal Pendidikan. 2, (3): 282.
Merita
Wijayanti K. 2007. Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal
Aplikatif Melalui Strategi Bertukar Pasangan pada Siswa Kelas
X SMA Negeri 1 Sengkang. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar:
FMIPA Universitas Negeri Makassar.
Muslich Masnur.
2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta : Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina.
2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. 2003. Belajar
dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 1989. Metoda
Statistika Edisi ke 5. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2006.Metode
Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Munir Tanrere,
dkk. 2005. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team
Achievement Devisions untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar
Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, 2, ( 3): 242-269.
DAFTAR
PUSTAKA
Depdiknas. 2003. Pendekatan
Kontekstual (Contextual Teching And Learning). Dirjen Dikdasmen
Departemen Pendidukan Nasional.
(2006). Panduan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan ( KTSP ) SD/MI. Jakarta
: Depdiknas.
Djumanta, Wahyudin. 2005. Mari
Memahami Konsep IPA Untuk Kelas V Sekolah Dasar, Bandung : Grafindo Media
Pratama.
Fisher. Muh. Amin. 1987. Asas-Asas
Praktik Mengajar Sains. Jakarta: Bharata.
Harmija. 2005. Peningkatan Hasil
Belajar IPA Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V Sangir Makassar.
Skripsi: PGSD UNM.
Hudoyo, Herman. 1990. Strategi
mengajar belajar IPA, Malang : IKIP Malang.
Slameto, 1995. Belajar dan
Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumaji, Soehakso, Mangun Wijaya,
dkk. (1998). Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisus.
Sudjana, Nana. 1996.
Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Sinar
Baru Algesindo.
Suharsini. 1997. Prosedur
Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsini, Suhardjono, Supardi.2006.
Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 1989. Penilaian
Hasil Belajar Mengajar . Bandung: Sinar Baru.
Tiro, Arif. 2002. Statistika
Dasar. Makassar: Andira Publisher.
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto, Suharsini, 2002. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, Muhammad. 1987. Guru dalam
Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Bundu dan Kasim. 2008. Konsep
Dasar IPA. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Darmodjo. 1993. Pendidikan IPA II.
Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyanti. 2006. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. 2005. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional.
(2006). Panduan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan ( KTSP ) SD/MI. Jakarta
: Depdiknas.
Djamarah dan Zain.
2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim dan Nana
Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Khaeruddin. 2005. Pembelajaran
Sains (IPA) Berdasarkan KBK. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Khalik, Abdul. 2009. Penelitian
Tindakan Kelas. Pare-pare: Universitas Negeri Makassar.
Kemmis dan Teggart. 1988.
The Action Research Planner. Deakin Univercity.
Moedjiono dan Dimyanti. 1991. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud
Nurohman, Sabar. 2009. Penerapan
Pendekatan STM dalam Pembelajaran IPA sebagai Upaya Meningkatkan Life Skills
Peserta Didik. http://www.chass.ncsu.edu/ids/sts diakses tanggal
20 Juni 2012.
Rifai. 1998. Strategi Belajar
Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Roestiyah. 2008. Strategi
Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri,
Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sriyono. 1992. Teknik
Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana.
2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Thamrin. 1995. Pendidikan IPA
Sains di SD. Jakarta: Rumin Pustaka Jaya
Tim Bina Karya Guru. 2008. IPA SD
kelas IV. Jakarta: Erlangga.
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Muhammad. 1987. Guru dalam
Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Badan Standar Nasional
Pendidikan. 2006. Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Bundu dan Kasim. 2008. Konsep
Dasar IPA. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Dimyanti. 2006. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful
Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah dan Zain.
2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemmis dan Teggart.
1988. The Action Research Planner. Deakin Univercity.
Khalik. 2009. Penelitian
Tindakan Kelas. Pare-pare: Universitas Negeri Makassar.
Moedjiono dan
Damyanti. 1991. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nana Sujana. 2003. Perencanaan Pengajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
Roestiyah N.K. 2001.Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Schoenherr, Palendeng. 2003.
Strategi Pembelajaran Sains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DAFTAR PUSTAKA
Djamarah, Syaiful Bakri, 1994. Prestasi
Belajar Kompetensi Guru. Surabaya: PT. Usaha Nasional
Hamalik, O 2004. Proses Belajar
Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Harahap. 1991. Bimbingan ke Arah
Belajar yang sukses.Penerbit Rineka Cipta.
Mulyasa. 2007. Menjadi Guru
Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung:
Rosdakarya
Munandar, Utami. 1991. Berbagai
Masalah Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Poerwadarminta W.J.S. 1976. Kamus
Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Balai Pustaka
Purwanto, Ngalin. 1997. Psikologi
Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Karya
Seto. 2004. Strategi Pembelajaran
Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Rieneka Cipta.
Slameto. 1991. Belajar dan
Fakor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Pt. Bina Karya
Subana dan Sumarti. 2005. Strategi
Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pusaka Setia.
Tarigan, HG. 1991. Motodologi
Pengajaran Bahasa -2. Bandung: Angkasa
Tim Penyusun kamus Pusat Bahasa.
2001. Kamus Besar Bahasa Indonesi, Ed. 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Wiriaatmadja,
Rochiati Prof.Dr. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
DAFTAR
PUSTAKA
Anni, Chatarina Tri, dkk. 2005. ”Psikologi
Belajar”. Semarang : UPT UNNES Press.
Arifin, Zaenal. 1991. ”Evaluasi
Interaksional : Prinsip, Teknik, Prosedur”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2002. ”Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
------------------------. 2002. “Prosedur
Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
------------------------. 2006. ”Penelitian
Tindakan Kelas”. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Darsono, Max, dkk. 2002. ”Belajar
dan Pembelajaran”. Semarang : CV. IKIP Semarang Press.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. ”Psikologi
Belajar”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Hasibuan, J.J. dan Mudjiono. 2000. ”Proses
Belajar Mengajar”. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Hastuti, Widya. 2003. ”efektivitas
Penggunaan Metode Pembelajaran STAD untuk Mengajarkan Sistem Linier Dua Peubah
Siswa Kelas 2 Semester II SLTP N 24 Semarang Tahun Pelajaran 2002/2003”. Skripsi.
FMIPA UNNES.
Ibrahim, Muslimin, dkk. 2002. ”Pembelajaran
Kooperatif”. Surabaya : University Press.
Lie, Anita. 2002. ”Cooperative
Learning : Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas”. Jakarta
: PT. Gramedia.
Mulyasa, E. 2004. “Kurikulum Berbasis
Kompetensi : Konsep, Karakteristik, dan Implementasi”. Bandung : PT.
Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2002. ”Berbagai
Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar”. Bandung : PT. Bumi Aksara.
Nurhadi. 2004. ”Kurikulum 2004 :
Pertanyaan dan Jawaban”. Jakarta : PT. Grasindo.
Nur, Muhammad. 2005. ”Pembelajaran
Kooperatif”. Jawa Timur : Depdiknas.
Poerwadarminta. 1995. ”Kamus Umum
Bahasa Indonesia”. Jakarta : Balai Pustaka. Ritonga, dkk. 1999. ”Pelajaran
Ekonomi 2 untuk SMU Kelas XI”. Jakarta : Erlangga.
Saptono, Sigit. 2003. ”Paparan
Kuliah Strategi Belajar Mengajar Biologi”. Semarang : Jurusan Biologi FMIPA
UNNES.
Sardiman, A.M. 2004. ”Inetaksi
dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Setyorini, Rahayu. 2003. “Perbandingan
Hasil Belajar Matematika antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Jigsaw dan STAD pada Pokok bahasan Sistem Persamaan Linier pada Siswa
Kelas I Semester II SMU N I Guntur Kabupaten demak tahun Pelajaran
2002/2003”. Skripsi. FMIPA UNNES.
Sudjarwo, H. 2001. “ Metodologi
Penelitian Sosial”. Bandung : Mandar Maju.
Supardi. 2006. ”Penelitian
Tindakan Kelas”. Jakarta : Bumi Akasara.
Sudikin, dkk. 2002. ”Manajemen
Penrlitian Tindakan Kelas”. Insan Cendekia.
St. Sunarto. 2005. ”Bagaimana
Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)”. Regional
Education Development and Improvement Program (REDIP) : JICA.
Sutarto, Joko. 1999. “Pengantar
Pendidikan”. Semarang : CV. IKIP Semarang Press.
Komentar
Posting Komentar