INSTRUMEN SUPERMAN PELAKSANAAN KUR 2013
INSTRUMEN
SUPERVISI BIDANG PENDIDIK DAN
TENAGA KEPENDIDIKAN (PTK) SEKOLAH DASAR
Nama Sekolah
: ............................. Hari/tanggal : ……………………
Alamat :
............................. Tahun
Pel. : ……………………
No
|
INDIKATOR/ASPEK
YANG DIAMATI
|
SKOR
|
KET
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Jumlah
guru terhadap rombongan belajar (Rb+4)
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Tingkat
kelayakan (kualifikasi) pendidikan guru S1 /D4
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian
bidang keahlian dengan mata pelajaran yang di ajarkan (100%)
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Memiliki
tenaga khusus perpustakaan
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Kepala
Sekolah Membuat SK Pmbagian tugas Guru
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Tingkat
pendidikan kepala sekolah (S1)
|
|
|
|
|
|
D
|
7
|
Memiliki
tenaga non pendidikan ( satpam,kebersihan )
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Memiliki
struktur Organisasi tenaga pendidik dan kependidikan
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Memiliki
dan memahami uraian tugas sesuai tupoksi
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Jumlah
guru memiliki sertifikat profesi ( sertifikasi ) 100%
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Memiliki
buku induk pegawai yang kerjakan sesuai
|
|
|
|
|
|
|
|
perkembangan
data pegawai
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Membuat
DUK setiap tahun ( 2 tahun terakhir )
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Memiliki
arsip penilaian DP.3 2 tahun terakhir
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Memiliki
arsip penilaian kinerja pegawai beserta
|
|
|
|
|
|
|
|
Rekapitulasi
setiap bulan
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Memiliki
buku catatan penilaian kinerja setiap personil kary.
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Memiliki
data statistik tenaga pendidik dan tendik
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Mengarsipkan
fail pegawai dan karyawan
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Memiliki
catatan penjagaan kenaikan pangkat pendidik
|
|
|
|
|
|
|
|
Dan
tenaga kependidikan lainnnya
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Memiliki
daftar hadir pendidik dan tenaga kependidikan
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Memiliki
tenaga khusus penjaga sekolah
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Memiliki
rekapitulasi kehadiran pendidik dan tenaga
|
|
|
|
|
|
|
|
Kependidikan
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Rata
– rata kehadiran pendidik > 90 %
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rata
– rata kehadiran tenaga kependidikan > 90 %
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Memiliki
tata tertib pendidik dan tenaga kependidikan
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Kepala
sekolah membuat surat penugasan terhadap tenaga
|
|
|
|
|
|
|
|
Honor
( pendidik dan tendik )
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR PEROLEHAN
|
|
|
|
|
|
|
Skor
Akhir = Jml. skor
perolehan
Skor Maks
Kesimpulan :
.................……………………………………………………………………….
Saran : ...………………………………………………………………………………….
Yang disupervisi Lahat,
…………2014
Kepala Sekolah Pengawas
................................. .............................
NIP: NIP:
INSTRUMEN SUPERVISI BIDANG SARANA DAN PRASARANA
Nama Sekolah : ............................. Hari/tanggal : ……………………
Alamat :
............................. Tahun
Pel. : ……………………
No
|
INDIKATOR/ASPEK
YANG DIAMATI
|
SKOR
|
KET
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
A
|
RUANG BELAJAR
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Rasio
kelas terhadap rombongan belajar 1:1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Rata-rata
luas ruang belajar ( 7x8 )
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Memiliki
kartu invetaris ruangan ( KIR )
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Penerangan
ruang belajar memadahi
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Sirkulasi
udara diruang belajar memadahi
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Jumlah
membler ( meja ,kursi ) ruang kelas terhadap jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
siswa
dan guru memadahi
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Kondisi
ruang kelas terawat/terpelihara dengan baik
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR PEROLEHAN
|
|
|
|
|
|
|
B
|
RUANG GURU
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Memiliki
ruang guru tersendiri
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Luas
ruang guru sesuai dengan tipe sekolah (56m2)
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Kelengkapan
fasilitas mebler memadahi sesuai kebutuhan
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Kondisi
ruang guru terpelihara /terawat dengan baik
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Fasilitas mebler ruang guru memadahai sesuai
kebutuhan
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Memiliki
kartu inventaris ruangan (KIR)
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Kondisi
ruang guru terawat dengan baik
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR PEROLEHAN
|
|
|
|
|
|
|
C
|
RUANG KEPALA SEKOLAH
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Memiliki
ruang kepala sekolah tersendiri
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Luas
ruang kepala sekolah (21 m2)
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Fasilitas
mebler ruang kepala sekolah memadahi sesuai
|
|
|
|
|
|
|
|
dengan kebutuhan
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Memiliki
media pendingin ruangan (AC) / Kipas
Angin
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Memiliki
kartu inventaris ruangan ( KIR)
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Kondisi
ruang kepala sekolah terawat dengan baik
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR PENILAIAN
|
|
|
|
|
|
|
F
|
RUANG UKS
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Memiliki
ruang UKS tersendiri
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Luas
ruang UKS memenuhi estandar (21 m2)
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Memiliki
petugas khusus UKS
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Memiliki
struktur organisasi UKS
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Memiliki
program kerja UKS ( TRIAS UKS )
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Fasilitas
mebeler ( meja kursi petugas ,tempat tidur,
|
|
|
|
|
|
|
|
Lemari
obat ,lemari alat UKS DLL )
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Memiliki
kartu inventaris RUANG (KIR)
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Memiliki
media ukur berat badan , tinggi badan
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Memiliki
peserta dokter kecil
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Kondisi
ruang UKS terawa baik
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Memiliki
buku catatan hasil kegiatan UKS
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Memiliki
jadwal kegiatan UKS
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Memiliki
buku rujukan berobat ke puskesmas
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR PEROLEHAN
|
|
|
|
|
|
|
G
|
HALAMAN SEKOLAH
|
|
|
|
|
|
|
1
|
memiliki
halaman sekolah yang memadahi (1600m2)
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Memiliki
lapangan olah raga yang memadai (2000m2)
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Kondisi
halaman sekolah dan lapangan olah raga dalam
|
|
|
|
|
|
|
|
keadaan
baik
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR PEROLEHAN
|
|
|
|
|
|
|
H
|
KAMAR MANDI/WC
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Memiliki
sarana kamar kecil siswa dengan rombel 1 : 2
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Memiliki
kamar kecil untuk karyawan ,guru , dan kepala sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
Yang
memadahi
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Saranan
penerangan dan lainnya cukup tersedia
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Kondisi
kamar mandi dalam keadaan terawat dengan baik
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Fasilitas
air bersih dan tersedia dengan baik
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR PEROLEHAN
|
|
|
|
|
|
|
I
|
RUANGAN PERIBADATAN
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Memiliki
ruang ibadah yang memadahi
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Fasilitas
peribatan lengkap sesuai dengan kebutuhan
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Penerangan
dan ventilasi udara cukup tersedia dengan baik
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Meiliki
jadwal kegiatan ibadah sesuai kebutuhan
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Kondisi
ruang peribatan terawat dengan baik
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR PEROLEHAN
|
|
|
|
|
|
|
J
|
UMUM
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Secara
umum kebersihan sarana dan prasaran sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
terpeliahara
dengan baik. ( kebersihan ,keindahan,keserasian)
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Setiap
ruangan tersedia tempat sampah yang memadahi
|
|
|
|
|
|
|
|
Sesuai dengan kebutuhan
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Memiliki
permendiknas Nomor 24 tahun 2007 tentang
|
|
|
|
|
|
|
|
Standar
sarana dan prasarana
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR PEROLEHAN
|
|
|
|
|
|
|
H
|
PERPUSTAKAAN SEKOLAH
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Memiliki
Sarana Perpustakaan memadahi
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Kelengkapan
fasilitas mebler memadahi sesuai kebutuhan
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Saranan
penerangan dan lainnya cukup tersedia
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Memiliki
petugas Perpustakaan khusus
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Memiliki
kartu inventaris RUANG (KIR)
|
|
|
|
|
|
|
Skor
Akhir = Jml. skor
perolehan
Skor Maks
Kesimpulan :
.................……………………………………………………………………….
Saran : ...………………………………………………………………………………….
Yang disupervisi Lahat,
…………2014
Kepala Sekolah Pengawas
................................. .............................
NIP: NIP:
INSTRUMEN SUPERVISI BIDANG
TATA
PERSURATAN
1. Nama Sekolah :
............................. Hari/tanggal :……………
2. Alamat : ............................. Tahun Pel. : …………..
No
|
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
|
SKOR
|
KET
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Memiliki agenda surat masuk dan keluar
serta dikerjaKan sesuai dengan ketentuan
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Memfailkan surat masuk dan keluar dengan
baik
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Membuat surat keputusan kepala sekolah dan
difailkan dengan baik dan benar
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Memiliki buku ekspidisi yang selalu
digunakan secara rutin
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Memiliki buku notulen rapat pembinaan
personil
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Memiliki buku tamu Dinas, Umum dan khusus
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Memiliki daftar hadir guru dan karyawan
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Memiliki buku piket guru dan karyawan
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Memiliki agenda khusus surat keputusan
kepala sekolah
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Memiliki agenda khusus surat edaran kepala
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Memfailkan khusus surat edaran
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Memiliki buku catatan kasus dan
penyelesaian
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR
PEROLEHAN
|
|
|
|
|
|
|
Skor
Akhir = Jlh skor
perolehan = ………………………………..
12
Kesimpulan :
.................……………………………………………………………………….
Saran :
.………………………………………………………………………………….
..............………………………………………………………………………
Lahat ………………....2014
Mengetahui :
Kepala Sekolah Pengawas
Pembina
NIP
: …………………….. NIP
INSTRUMEN SUPERVISI BIDANG PEMBIAYAAN/ PENDANAAN
1. Nama Sekolah : ............................. Hari/tanggal : ……………………
2. Alamat : ............................. Tahun Pel. : ……………………
No
|
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
|
SKOR
|
KET
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Menyusun
rancangan anggaran pendapatan dan belanja
|
|
|
|
|
|
|
|
sekolah
(RAPBS) setiap tahun pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Mendapat
pengesahan RAPBS oleh jajaran terkait
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian
program kerja dengan RAPBS
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Penyusunan
RAPBS melibatkan berbagai pihak ( komite dan warga sekolah / stakeholder)
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Sumber
pendapatan sekolah ( pemerintah pusat ,daerah ,dan komite sekolah )
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Memiliki
jaringan penyandang dana selain dari pemerintah
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Alokasi
anggaran dalam APBS untuk pencapaian berbagai Bidang pekerjaan (standar Isi,
Tenaga pendidik dan terdidik, proses,sarpas,dll) memadahi
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Memiliki
buku khusus untuk BOS
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Memiliki
bendahara yang mendapatkan legalitas dari Kepala sekolah / Diknas Kab/Kota
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Memiliki
buku petunjuk pengunaan dana BOS
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Membuat
Laporan pertanggungjawaban keuangan BOS setiap tri wulan berjalan
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Menyampaikan
laporan pertanggungjawaban kepada instansi terkait secara rutin
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Memiliki
program memberikan beasiswa bagi siswa yang Berprestasi
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Memiliki
program memberikan bantuan kepada siswa yang Tidak mampu ( baik breprestasi
maupun tidak berprestasi )
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR PEROLEHAN
|
|
|
|
|
|
|
Skor
Akhir = Jlh skor
perolehan x 20
15
Kesimpulan :
.................……………………………………………………………………….
Saran ...………………………………………………………………………………….
...............……………………………………………………………………….
Lahat ………………....2014
Mengetahui :
Kepala Sekolah Pengawas
Pembina
.............................
........................
NIP
: …………………….. NIP.......................
Komentar
Posting Komentar